Prosedur Hard Reset Pada Router Mikrotik

Prosedur Hard Reset Pada Router Mikrotik

Pada saat sobat membeli RouterBoard (Mikrotik) baru, sebenarnya router tersebut sudah memiliki sistem operasi Mikrotik RouterOS dengan konfigurasi bawaan (Default). Konfigurasi tersebut bisa dikatakan sudah cukup lengkap, sehingga RouterBoard tersebut sudah bisa digunakan dan di implementasikan ke dalam sebuah jaringan.

Konfigurasi tersebut sudan memungkainkan anda untuk terkoneksi kedalam sebuah jaringan melalui RouterBoard tersebut. Konfigurasi default tersebut diantaranya adalah IP Address 192.168.88.1/24 yang terkonfigurasi pada interface ether2. Sedangkan untuk user login yang bisa menggunakan untuk masuk ke dalam Router mikrotik adalah admin, dengan tanpa password.

Tapi masalahnya jika router tersebut bukan merupakan router baru atau router yang habis digunakan oleh orang lain, atau bahkan kita sendiri yang mengganti konfigurasi settingan username dan password tapi malah kelupaan. Nah, prosedur hard reset tersebut di perlukan. Atau dengan katalain Hard Reset ini adalah reset dengan paksa tanpa melalui sistem terlebih dahulu. Bagaimana masuk sistem, wong kita sendiri aja lupa username dan passwordnya apa 🙂

Prosedur Hard Reset

RouterBoard RB951ui-2nD

Pada saat artikel ini ditulis saya menggunakan RouterBoard RB951ui-2nD yang memiliki sebuah tombol reset . Tombol reset tersebut terdapat di sebelah jack power RES dan terdebunyi di lubang kecil, jadi kita perlu obeng kecil atau polpen untuk menekan tombol reset tersebut. Adapun prosedur untuk melakukan reset dengan menggunakan tombol tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan semua kabel UTP tidak ada yang terpasang ke port ethernet dari router mikrotik tersebut.
  2. Pastikan juga kabel Adaptor (power) tidak tercolok ke Router Mikrotik, sehingga router mikrotik dalam kondisi mati atau off.
  3. Setelah semua kabel UTP dan Adaptor tidak terhubung, ambillah pengungkit kecil / obeng untuk menekan tombol reset.
  4. Sambil menekan tombol reset tersebut, colokkan kembali kabel power dari adaptor, sehingga router mikrotik mendapat catuan listrik, ini dilakukan dengan tetap menekan tombol reset. Jika tombol reset terlepas, maka prosedur reset harus diulang dari awal.
  5. Sambil menekan tombol reset tersebut, anda akan melihat lampu (LED) ACT akan berkedip-kedip, tetap pertahankan menekan tombol tersebut sampai LED ACT tersebut padam.
  6. Setelah LED ACT padam, anda harus tetap menekan tombol reset tersebut sampai semua lampu LED indikator dari port ethernet menyala sebentar ekmudian padam. Untuk menunggu semua LED indikator dari port ethernet menyala, anda membutuhkan waktu kira-kira 20 sampai 40 detik.
  7. Setelah semua LED indikator pada port ethernet menyala kemudian padam, lepaskanlah kabel power adaptor sehingga Router Mikrotik off kembali.
  8. Colokkan kembali kabel power Adaptor untuk menghidupkan Router Mikrotik.
  9. Router mikrotik anda sudah dapat digunakan kembali dengan konfigurasi default.

Beberapa seri RouterBoard tidak memiliki tombol reset yang dapat anda jangkau dari luar. Anda harus membukacaring dari router Mikrotik tersebut untuk mencari tombol reset yang ada di motherboart dari router Mikrotik tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *