Remot Router Mikrotik Menggunakan Winbox

Remot Router Mikrotik Via Winbox

Sebenarnya ada bebarapa cara untuk login atau remot router mikrotik, diantaranya menggunakan Web Browser, SSH, Telnet, Maupun menggunakan aplikasi Winbox. Namun kali ini khusus akan membahas remot router menggunakan aplikasi Winbox. Untuk mendownload aplikasi winbox bisa didownload melalui link resmi dari website mikrotik.com/download kemudian pilih Winbox seperti yang tampilan gambar berikut.

Download Aplikasi Winbox di mikrotik.com

Okey langsung praktik. Asumsinya kita menggunakan router baru yang masih belum terkonfigurasi sebelumnya atau router yang baru beli dari toko.

Berikut adalah topologi sederhana untuk remot mikrotik. Pada settingan default atau bawaan biasanya pada ether2 sudah terkonfigurasi ip address yaitu 192.168.88.1, jadi jika ingin meremot menggunakan ip address maka laptop harus disetting terlebih dahulu ip address satu network dengan jaringan yang ada di mikrotik pada port ether2, misal nya 192.168.88.2 seperti yang di gunakan sepetri contoh dibawah.

Topologi Remot Mikrotik

Terdapat dua cara login di winbox, yaitu menggunakan IP Address dan juga bisa menggunakan Mac Address. Saya menyarankan anda menggunakan Mac Address, ini memungkainkan anda tidak akan logout dari router mikrotik jika seandainya anda tidak sengaja menghapus IP address di ether2.

Login Winbox
  1. Pilih menu Neighbors untuk mendeteksi perangkat yang terkenali oleh aplikasi winbox, jika perangkat router mikrotik belum belum terkenali maka klik refresh.
  2. pada step ke 2 terdapat pilihan MAC Address dan IP Address, seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bisa menggunakan MAC maupn IP Address, dalam hal ini saya menggunakan MAC Address.
  3. Setelah itu maka di bagian Connect To otomatis terisi MAC address (ether2) yang sudah di pilih tadi. Untuk username login pada router mikrotik defaultnya adalah admin dan passwordnya adalah kosong atau tidak perlu di isi password.
  4. kemudian klik konnek. maka akan muncul tampilan sebagai berikut. Jika berhasil maka muncul tampilan sebagai berikut.
Remove Configuration

Sebenernya router yang yang baru kita beli sudah ada beberapa settingan bawaan dari Sistem Operasi mikrotik atau RouterOS namun jarang digunakan jadi disarankan dihapus atau reset konfigurasi terlebih dahulu supaya benar benar bersih tidak ada settingan apapun di router tersebut. Pilin Remove Configuration, setelah itu router akan menghapus settingan default dan akan melakukan reboot.

Jika sudah selesai proses reboot silahkan login kembeli seperti langkah2 yang telah di jelaskan pada langkah langkah diatas. Dan jika sudah benar maka akan muncul tampilan sebagai berikut.

Tampilan Router Mikrotik setelah berhasil di remot.

Selamat!, sampai langkah ini sudah berhasil masuk kedalam router mikrotik. Untuk tutorial berikutnya akan di upload segera, Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *