Pentingnya Penamaan Perangkat (Hostname) pada Network Device

Pentingnya Penamaan Perangkat (Hostname) pada Network Device

Sebenaranya penamaan perangkat (Hostname) pada network device ini tidak ada standar baku. Kita bebas menamainya sesuai dengan keinginan kita. Saya coba googling dan sampai saat ini belum menemukan standar pasti terkait penamaan perangkat jaringan ini. Tapi akan saya bahas karena menurut saya masih jarang yang membahas tema terkait penamaan network device ini.

Apa sih Hostname itu?

Sebelum masuk lebih lanjut pembahasannya, apa sih hostname itu?. Hostname adalah penamaan sebuah perangkat atau identitas sebuah perangkat. Atau sederhananya setiap manusia mempunyai nama lengkap atau nama panggilan, begitu juga dengan perangkat jaringan (Network Device) yang harusnya mempunyai nama juga sebagai identitas.

Analogi Hostname

Anggap saja Perangkat Router atau Switch adalah manusia, Ketika kita berada dalam satu ruangan dan  cuma ada dua orang maka kita bisa manggil hai Manusia, pasti manusia/orang/lawan bicara akan langsung noleh ke kita karena tidak ada orang lain selain dia di ruangan tersebut dan dia merasa kita panggil, Ya meskipun kurang sopan sih.. tapi anggap saja dia gak punya nama.

Tapi, ketika manusianya dalam suatu area ada banyak maka ketika akan kita panggil Hai manusia atau kita ingin berkenalan, kemungkinan besar akan banyak manusia yang menoleh ke kita, jadi manusia yang mana yang kita panggil, maka dari situ lah kenapa setiap manusia mempunyai nama nama yang berbeda atau unik, yaitu untuk memudahkan memberikan identitas di setiap manusia.

Hostname Cisco dan Mikrotik

Setiap Vendor atau pembuat perangkat mempunyai istilahnya berbeda, Misal nya Cisco dan menyebutnya dengan nama Hostname dan Mikrotik menyebut nya dengan Identity, tapi intinya sama yaitu Hostname.

Secara default perangkat Cisco Router mempunyai hostname Router, dan Switch untuk perangkat Cisco Switch. Sedangkat perankat Mikrotik mempunyai hostname atau identity default yaitu MikroTik.

Default Hostname Router Cisco

Default Hostname Router Mikrotik

Penting gak sih Hostname ini?

Sebenarnya kalo ditanya penting engganya ya jawabannya ya enggak penting, kalo perangkat yang di manage atau kelola cuma dua tiga perangkat yang masih bisa kita ingat dengan kepala, tinggal di namai saja Router-Utama, Router Gedung B, Switch Lantai 10, dan lain sebagainya, suka suka kita lah.

Tapi pertanyannya sekarang kalo perangkat yang di manage puluhan bahkan ratusan? Apa gak pusing menamai dengan penamaan sesuka hati kita, belum lagi kalo namanya duplikat atau ternyata sama, dan saat mau remot kita bingung perangkat yang mana yang akan kita remot, letak nya dimana, jenisnya apa perangkatnya, merk apa, jadi berabe tuh urusan. Maka dari itulah pentingnya standarisasi penamaan atau hostname pada network device.

Seperti yang sudah saya sampaikan diawal, perihal penamaan tidak ada standar baku, dengan itu kita  harus membuat standar sendiri supaya setiap perangkat mampunyai nama yang berbeda perangkat satu dengan perangkat yang lain atau Unik.

Dengan Standarisasi tersebut dapat memudahkan kita mengidentifikasi Letak perangkat ada dimana, berada di lantai berapa, perangkatnya sebagai apa, dan merk dan seri berapa. Kita dengan mudah tau hanya dengan Hostname tersebut. Berikut adalah contoh  format  Sederhana dalam penamaan perangkat jaringan, dibagi menjadi 4 blok atau oktet, atau apalah namanya bebas nyebut nya apa yang penting memudahkan kita.

Dan bisa juga kita rinci sebagai berikut :

Setelah membuat tabel di atas kemungkinan besar tidak akan ada yang sama hostnamenya disetiap perangkat.

Pertanyannya kemudian timbul, kalo misalnya dalam satu lantai atau bahkan satu area ada dua perangkat yang sama gimana?

Jawaban nya ada di parameter QTY-X sebagai pembeda untuk perangkat Ke-1, perangkat ke-2, dan seterusnya. Kalo msih duplikat atau ada penamaaan yang sama silahkan ditambahkan parameter atau kode untuk supaya menjadi Unik. Kan seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa penamaan ini tidak baku dan bebas sesuka kalian, Cuma ini saya bahas adalah salah satu cara, kalo misal ada cara yang lebih bagus ya tidak apa-apa justru lebih bagus 😀 .

Sekian ya, Semoga bermanfaat, kalo ada saran atau koreksi bisa disampaikan ke kolom komentar untuk dijadikan bahan diskusi.

Dan.. Terimaksih.

#Netadmin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *